Minum susu memang telah menjadi suatu kebiasaan yang tidak bisa terpisahkan, tak terkecuali di Indonesia. Umumnya, kebiasaan satu ini dilakukan pada saat pagi hari, karena nutrisi yang terdapat dalam susu dapat memenuhi kebutuhan manusia untuk beraktivitas seharian. Namun, terdapat pula yang melakukan kebiasaan ini pada malam hari. Ingin tahu apa saja manfaat minum susu sebelum tidur bagi anak? Yuk simak disini!

5 Manfaat Minum Susu Sebelum Tidur

1. Tidur Si Kecil Menjadi Lebih Nyenyak

Saat mengkonsumsi susu, berbagai manfaat tentunya dapat anda peroleh. Hal tersebut dapat terjadi karena susu memiliki beberapa nutrisi yang bisa mendukung dan bermanfaat bagi pertumbuhan anak. Kandungan nutrisi yang terkandung dalam susu antara lain adalah vitamin A, B, C, protein, kalsium, kalium, fosfor, selenium. Agar dapat memperoleh manfaat yang efektif dan optimal, ada baiknya jika bunganya diantar.

Berdasarkan apa yang telah dikatakan Ayurvedic dalam Timesofinde.com, pada saat malam hari, tubuh kita diam dan sedang tidak melakukan aktivitasnya. Mengingat akan hal tersebut, sebelum tidur akan lebih baiknya jika si kecil mengkonsumsi susu, supaya kandungan nutrisi seperti protein, kalsium, vitamin yang terkandung dalam susu dapat terserap dengan maksimal oleh tubuh.

2. Mengurangi Kebiasaan Ngemil Di Tengah Malam

Manfaat minum susu sebelum tidur bagi anak berikutnya adalah dapat mengurangi kebiasaan ngemil di tengah malam. Biasanya, jika perut si kecil kosong, mereka kerap terbangun saat tidur malam karena memang merasakan lapar. Hal tersebut dapat diminimalisir dengan memberikan susu sebelum tidur. Pasalnya, kandungan lemak, protein, dan karbohidrat yang terkandung dalam susu bisa mengantisipasi rasa lapar. 

3. Menambah Kebutuhan Nutrisi

Tak hanya bisa mengurangi kebiasaan ngemil di malam hari, minum susu sebelum tidur juga dapat menambah kebutuhan nutrisi si kecil. Seperti yang telah diketahui bahwa di masa pertumbuhan tentunya anak anak akan membutuhkan nutrisi yang banyak untuk mensupport proses tumbuh kembangnya. Oleh karenanya, memberikan asupan nutrisi tambahan seperti susu ini sangatlah bagus. 

4. Mendukung Pembentukan Tulang

Manfaat minum susu sebelum tidur bagi anak yang selanjutnya adalah dapat mendukung pembentukan tulang. Hal tersebut dapat terjadi karena susu memiliki tiga kandungan yang penting dalam membantu pembentukan tulang anak. Kandungan tersebut antara lain adalah protein, kalsium, hingga vitamin D. Ketiga kandungan nutrisi tersebut juga berperan untuk memperbaiki jaringan yang rusak. 

Malam hari merupakan waktu yang tepat untuk tubuh si kecil mengalami perkembangan, termasuk tulangnya. Oleh karena itu, untuk lebih mengoptimalkan proses tumbuh kembang si kecil, para ibu dapat memberikan nutrisi tambahan seperti susu di malam hari sebelum si kecil pergi tidur. Biasanya, dengan minum susu sebelum tidur si kecil akan merasa lebih fresh saat bangun. 

5.Energi Si Kecil Dapat Tetap Terjaga

Energi dapat tetap terjaga merupakan manfaat minum susu sebelum tidur bagi anak yang berikutnya. Apabila si kecil minum susu sebelum tidur, maka nutrisi susu yang diminum akan terserap dan membuat energinya tetap terjaga. Pasalnya, susu memiliki berbagai kandungan nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh. Hal tersebutlah yang menjadikan si kecil lebih bersemangat dan berenergi saat menjalankan aktivitas di pagi harinya. 

Itulah deretan informasi mengenai manfaat minum susu sebelum tidur. Waktu untuk minum susu yang terbaik tak hanya saat pagi hari saja, melainkan saat di malam hari juga, tepatnya yakni waktu sebelum tidur. Dengan rutin minum susu di pagi dan malam hari sebelum tidur, proses tumbuh kembang si kecil dapat berjalan secara optimal.