Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Reksadana: Pengertian dan Kelebihannya


Reksadana adalah jenis investasi yang mengumpulkan uang dari banyak investor secara bersama-sama. Investasi gabungan semacam itu memungkinkan orang dengan berbagai sumber daya keuangan untuk berinvestasi dalam satu dana; dengan demikian, mereka dapat mendiversifikasi kepemilikan mereka dan menyebarkan risiko. Namun, untuk lebih mengenalinya, tentu Anda harus belajar tentang apa itu reksadana?

Risiko reksadana biasanya rendah, karena sebagian besar memiliki manajer profesional yang memilih investasi apa yang akan dilakukan untuk setiap dana yaitu, saham, obligasi, real estat. Reksadana dapat dibeli melalui broker investasi atau langsung dari dana itu sendiri, meskipun opsi terakhir ini jarang terjadi.

Apa itu Reksadana?

Reksadana adalah jenis kendaraan investasi yang mengumpulkan uang dari beberapa investor untuk membeli aset, seperti saham, obligasi, dan sekuritas lainnya. Reksadana dikelola secara profesional oleh manajer keuangan yang memilih sekuritas individu mana yang akan dibeli dan dijual dalam dana tersebut untuk memenuhi tujuan dan sasaran yang dinyatakan.

Reksadana campuran biasanya berisi campuran saham, obligasi, dan setara kas, misalnya, tagihan Treasury. Beberapa dana mungkin berinvestasi lebih banyak di satu bidang daripada yang lain, misalnya, asing dan domestik.

Berinvestasi dalam Reksadana adalah cara mudah untuk mendiversifikasi portofolio Anda. Karena manajer investasi memiliki akses ke berbagai sekuritas, Anda mendapatkan eksposur ke berbagai jenis aset tanpa harus belajar tentang investasi atau mengelola portofolio Anda sendiri.

Manfaat Berinvestasi dalam Reksadana

Reksadana adalah cara yang bagus untuk berinvestasi di pasar saham karena menawarkan akses berbiaya rendah ke manajemen profesional dan diversifikasi. Rasio biaya Reksadana rata-rata adalah 0,5%, yang berarti Anda hanya membayar setengah dari satu persen untuk setiap dolar yang Anda investasikan dalam suatu dana. Bandingkan dengan rasio biaya tahunan rata-rata 6% yang terkait dengan saham dan obligasi individu, dan mudah untuk melihat mengapa investor pasar saham berbondong-bondong menuju Reksadana selama bertahun-tahun.

Karena Reksadana melakukan investasi dalam lusinan atau ratusan sekuritas sekaligus, Reksadana dapat membantu menyebarkan risiko Anda ke beberapa industri, sektor, dan kelas aset, seperti perusahaan besar dan perusahaan kecil. Hal ini sangat bermanfaat jika satu sektor atau industri mengalami hasil yang lemah sementara sektor atau industri lain berjalan dengan baik - berita buruk akan ditampung oleh semua aset lain yang berkinerja baik. Manajemen Profesional: Jika Anda ingin orang lain mengelola investasi Anda tetapi tidak ingin membayar penasihat secara langsung untuk layanan mereka, maka berinvestasi melalui Reksadana mungkin cocok untuk Anda! Dan ada ribuan pilihan di luar sana, jadi kemungkinan besar jenis apa pun yang paling cocok dengan rencana keuangan Anda akan memenuhi semua kebutuhan Anda.

Selain manfaat di atas, Reksadana juga memudahkan untuk berinvestasi dalam berbagai jenis aset yang berbeda - dari saham dan obligasi hingga real estat dan komoditas.

Kesimpulan

Reksadana adalah sarana investasi yang mengumpulkan uang investor dan berinvestasi dalam berbagai aset. Hal ini bisa berisiko, tetapi manfaat keseluruhannya adalah bahwa investor mendapatkan diversifikasi di berbagai jenis aset dari manajer profesional yang tidak harus mempertaruhkan uang mereka sendiri. Selain manfaat tersebut, ada juga beberapa kerugian berinvestasi di saham Reksadana.

Definisi Reksadana sangat sederhana: Reksadana adalah sarana investasi yang mengumpulkan uang dari banyak investor dan menginvestasikannya dalam bentuk saham, obligasi, dan sekuritas lainnya atas nama mereka. Anda pun bisa berinvestasi dengan metode peer to peer lending. Meskipun belum banyak dikenal, tetapi peer to peer lending di Indonesia pun cukup populer di kalangan investor.

Posting Komentar untuk "Mengenal Reksadana: Pengertian dan Kelebihannya"

banner
banner